Sabtu, 04 Desember 2010

Keindahan Matahari Terbenam Pasca Meletusnya Gunung Api Di Islandia

Keindahan Matahari Terbenam Pasca Meletusnya Gunung Api Di Islandia

Awan abu yang menutupi langit akibat Letusan gunung api Eyjafjallajökull di islandia kemarin nampaknya masih terus berlanjut. Namun, terdapat sesuatu yang membuat orang kagum setelahnya. Akibat banyaknya volume abu yang tebang di awan, membuat pemandangan matahari terbenam menjadi nampak indah.

Warna langit disaat matahari terbenam pasca meletusnya gunung Eyjafjallajökull. Difoto dari pinggiran Timur Laut Athena, Yunani
Gambar diatas menunjukkan keindahan pemandangan diwaktu matahari tebenam setelah meletusnya gunung Eyjafjallajökull. Hal ini menandakan betapa banyak abu yang bergumpal di udara.
Menurut Brian Toon, dari departemen ilmu atmosfer dan kelautan Universitas Colorado,  terbentuknya warna merah di awan tersebut karena muntahan belerang dioksida dari gunung teresebut membentuk aerosol sulfat (partikel kecil yang melayang ke udara). Keduanya abu dan aerosol tersebut mampu menyebarkan sinar matahari dan memberikan warna merah yang jelas pada saat matahari terbenam.
Entah sampai kapan abu ini akan terus berterbangan di udara. Karena salah satu pembentuk abu tersebut adalah akibat reaksi antara magma dengan es. Coba anda bayangkan bagaimana jika setungku api panas membara, kemudian anda tuangkan ke dalam seember es, kira-kira apa yang akan terjadi? Tentu akan timbul banyak asap dan abu yang terbentuk. Mungkin begitulah gambaran dari letusan gunung api ini.
Meskipun  saat ini masih dalam kondisi was-was akibat letusan gunung ini, masyarakat sekitar masih diberi hiburan berupa pemandangan indah disaat matahari terbenam. Sungguh Allah Maha Adil.
Sumber Rujukan & Foto:
1. http://www.livescience.com/environment/iceland-volcano-plume-sunsets-100416.html
2. http://wikipedia.org
Popularity: 23% [?]
Filed Under: BumiFeaturedSainsartikel 1news
Tags:

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More