Selasa, 07 Desember 2010

Belajar Komputer Dasar

Belajar Komputer Dasar

  “Perangkat Penyusun Komputer”

Komputer adalah suatu alat elektronik yang tersusun atas beberapa komponen yang saling ter integrasi, dan saling berhubungan.

Secara garis besar sebuah komputer terdiri atas 2 kategori :

1. Perangkat Keras atau Hardware
2. Perangkat Lunak atau Software

Mari kita bahas satu-persatu.

Hardware atau Perangkat Keras

Perangakat keras atau Hardware adalah alat fisik penyusun sebuah komputer, dan hardware sendiri bisa dibagi menjadi beberapa kategori:

1. Kategori Tukang Pikir

kategori ini berisi kumpulan beberapa komponen yang yang saling berhubungan yang kesemuanya memiliki fungsi masing-masing yang saling berkaitan dan semuanya berperan penting didalam memproses sebuah instruksi data.

Perangakat -perangkat yang masuk kategori ini tersusun rapi di dalam sebuah papan yang namanya MainBoard atau Mother Board atau istilah gaulnya adalah MoBo

Komponen penting di dalam Mobo antara lain adalah :
Belajar Komputer Dasar
* CPU (Central Processing Unit) atau processor adalah sebagai pusat semua instuksi dari semua program komputer diproses atau bisa di bilang otaknya komputer, jadi semakin bagus CPUnya berarti semakin pinter :)
* RAM (Random Access Memory) adalah sebagai memori utama komputer anda dengan meningkatkan kapasitas RAM, bisa mempercepat proses komputer anda, tentu saja processor jg berpengaruh.
* VGA (Video Graphics Array ) adalah perangkat yang bertanggung jawab terhadap ketajaman grafis gambar dan video

Sebenarnya masih banyak yg lagi lain, tp kalo di bahas semua bisa semalaman ngetiknya… :)

2. Kategori Perangkat Input

Berisi beberapa perangkat yang memiliki fungsi untuk memberikan masukan data yang selanjutnya akan diproses oleh si tukang pikir.

perangkat keras yang masuk dalam kategori ini antara lain:

* Keyboard plus Mause memberikan data masukan melalui instruksi yang diketik.
* Microphone memberikan data masukan berupa suara.
* dll..

3. Kategori Perangkat Output

Perangkat ini adalah kebalikan dari perangkat input yaitu yang memiliki fungsi menampilkan data keluaran dari hasil proses si tukang pikir.
Belajar Komputer Dasar
perangkat keras yang masuk dalam kategori ini antara lain:

* Monitor : Menampilkan output data berupa grafis (Gambar maupun Video).
* Speaker : Menyajikan output data berupa suara.
* Printer : Menuangkan output data berupa text atau gambar.

4. Kategori Gudang Penyimpanan

Perangkat keras untuk menyimpan data

* Hardisk (Media penyimpanan data utama di dalam PC atau laptop)
* USB Flashdisk : yang biasanya buat bandul kalung :)
* CD (Compact Disk)
* Floopy Disk (Udah g jaman)

Setelah berbicara panjang dan agak lebar tentang perangkat keras/Hardware, sekarang waktunya membahas Perangkat lunak atau Software.

Software

Software adalah suatu progam yang sengaja dibuat manusia (jadi tidak kebetulan) untuk menghubungkan pengguna atau user dengan Hardware, atau secara bebas bisa diartikan software lah yang membuat kita bisa bekomunikasi dengan alat melalui instruksi-instruksi yang mudah dipahami manusia.

Contoh sederhananya gini :

Anda punya file MP3 bajakan favorit yang disimpan di komputer anda trus anda ingin mendengarkan lagunya melalui speaker, gimana caranya anda bisa menyuruh si Speaker itu untuk memutar MP3 tsb, apakah dengan di pukul-pukul atau di elus-elus, hhh. :) Belajar Komputer Dasar

tentu tidak bukan, anda butuh software yang namanya WMP (Windows Media Player) atau Winamp, dengan software tersebut anda bisa dengan mudah memainkan musik hanya dengan klik file tsb dan ketika terhubung dengan speaker anda bisa mendengarkan lagunya dan tidak hanya itu ternya melalui software tersebut anda juga bisa mengatur volume speaker melalui tombol -tombol yang ada di WMP tanpa menyentuh speaker.
Belajar Komputer Dasar

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More